CEK FAKTA: Kemacetan Panjang Terjadi di Ruas Tol Jakarta Menuju Jawa Tengah Saat Arus Mudik Lebaran 2023?

- 20 April 2023, 21:10 WIB
Tangkap layar video yang seolah-olah menggambarkan kemacetan panjang terjadi di ruas tol Jakarta menuju Jawa Tengah saat arus mudik Lebaran 2023.
Tangkap layar video yang seolah-olah menggambarkan kemacetan panjang terjadi di ruas tol Jakarta menuju Jawa Tengah saat arus mudik Lebaran 2023. /kominfo.go.id

FLORES TERKINI – Beredar sebuah video yang menggambarkan kemacetan parah terjadi ruas tol Jakarta menuju Jawa Tengah. Bersama unggahan itu, dinarasikan juga bahwa kemacetan tersebut terjadi pada saat arus mudik Lebaran 2023, tepatnya pada Kamis, 20 April 2023.

Menanggapi video yang beredar, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, pun angkat bicara. Dia menegaskan, video yang beredar adalah video lama. Situasi dalam video itu sebenarnya menggambarkan kejadian saat libur panjang akhir pekan pada 2022.

Selain itu, lokasinya pun tidak seperti narasi yang disebutkan terdahulu. Adita mengatakan, lokasi yang sebenarnya dari video aslinya adalah dari jalur Puncak menuju Jakarta.

Baca Juga: CEK FAKTA: Sanksi Berat, FIFA Coret Israel di Piala Dunia U20 dan Dibanned hingga Tahun Berbatas

“Sekarang beredar lagi (video) seolah saat mudik tahun ini. Padahal saat mudik tahun ini Korlantas Polri sudah dengan sigap mempersiapkan segala upaya mengatasi kemacetan, salah satunya penerapan contra flow dengan tambahan dua lajur di sisi kanan,” kata Adita, dilansir dari kominfo.go.id pada Kamis, 20 April 2023 malam.

Senada, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, juga menegaskan bahwa video kemacetan parah di ruas tol Cikampek dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah, periode mudik Lebaran 2023, adalah bohong atau hoaks.

“Tidak benar. Video yang beredar adalah kejadian saat libur sekolah 2022, yang disebarkan juga seolah kemacetan pada mudik Lebaran 2022 lalu. Sanggahan bahwa ini adalah hoaks juga sudah kami lakukan. Sekarang beredar lagi. Masyarakat harus waspada akan berita hoaks semacam ini,” kata Usman.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Benci Indonesia karena Fotonya Dijadikan Bahan Candaan: Cek Faktanya di Sini!

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x