GALERI: Semarak Ritus Porik Kreya Masyarakat Adat Balaweling

- 23 Januari 2023, 10:15 WIB

FLORES TERKINI - Porik Kreya adalah sebuah ritual adat khas suku Balawelin yang menandai akan dibangunnya kapela baru, menggantikan kapela Reinha Balawelin yang nampak sudah tua dan usang dimakan usia.

Kapela bersejarah ini berada di sebuah daerah datar yang dikelilingi kebun dan hutan. Letaknya berada di dataran yang lebih tinggi menyisakan halaman besar yang menjadi tempat berkumpulnya umat saat menggelar doa atau ritual adat lainnya.

Halaman besar ini dipayungi atap seng yang cukup besar yang kemudian dipasangi pipa di sepanjang ujung seng yang akan mengalirkan air hujan menuju tiga penampungan air yang terbuat dari terpal di bawahnya.

Di samping kanan, sebuah beringin besar berdiri, sementara di belakang kapela, berjejer bangunan-bangunan kecil yang melambangkan 14 titik pemberhentian jalan salib Tuhan Yesus.

Di dalam kapela, terdapat patung, yang oleh masyarakat setempat dinamai patung Bunda Reinha Balawelin, sebuah patung kecil Bunda Maria yang sedang memangku Tuhan Yesus.

Di tembok belakangnya, terdampat sembilan gambar berukuran kecil yang nampak menceritakan keberadaan komunitas-komunitas suku yang berada di dalam rumpun adat dan sosial masyarakat Balawelin.

Ritual adat Porik Kreya dan ibadat yang dilaksanakan dalam setiap tahapnya nampaknya menggambarkan kesatuan yang padu antara adat, gereja, dan masyarakat itu sendiri.***

Images Lainnya

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x