Uskup Belo Disebut ‘Menghilang’ Setelah Berita tentang Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

- 30 September 2022, 08:05 WIB
Uskup Belo yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.
Uskup Belo yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. /REUTERS/Darren Whiteside

FLORES TERKINI – Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo atau dikenal dengan Uskup Belo disebut ‘menghilang’ pasca munculnya pemberitaan tentang dugaan pelecehan seksual.

Seperti diberitakan JN, salah satu media ternama di Portugal, beberapa hari yang lalu Uskup berusia 74 tahun ini tinggal di kediaman Ordo Salesian di Lisbon.

Tetapi dengan diterbitkannya berita dugaan pelecehan seksual oleh surat kabar Belanda De Groene Amsterdammer, mantan Uskup Timor Timor itu meninggalkan tempat itu dan pergi ke tempat yang belum diketahui secara pasti lokasinya.

Baca Juga: Jadwal Acara MNCTV Hari Ini, Jumat 30 September 2022: Jangan Lewatkan AFC Futsal Asian Cup 2022

"D. Ximenes Belo tidak tinggal di sini, kami juga tidak tahu di mana dia berada," kata seorang anggota Ordo Salesian, dikutip Flores Terkini dari JN.

Bahkan, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian pada 1996 itu disebut tidak akan lagi menjadi bagian dari kongregasi religius tersebut.

Sementara itu, Provinsi Salesian Portugis mengirimkan penjelasan tentang kasus ini kepada Nunsiatur Apostolik di Lisbon.

Baca Juga: Uskup Belo Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur, Vatikan Buka Suara

"Seorang uskup tidak lagi berutang ketaatan kepada lembaga keagamaan di mana dia terikat, segera setelah pengangkatannya,” jelas seorang imam yang tidak disebutkan namanya.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: De Groene Amsterdammer


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah