Hadiri Ritus Porik Kreya di Balaweling, Doris Rihi Nekat Terobos Jalan Bebatuan hingga Beri Pesan Moril Ini

- 23 Januari 2023, 10:18 WIB
Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Rihi, menyapa warga saat menghadiri gelaran ritus Porik Kreya di Desa Balaweling, Solor Barat.
Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Rihi, menyapa warga saat menghadiri gelaran ritus Porik Kreya di Desa Balaweling, Solor Barat. /Facebook.com/Prokompim Flotim

FLORES TERKINI – Penjabat Bupati Flores Timur, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si., menghadiri gelaran ritus Porik Kreya di Desa Balaweling Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Doris Rihi didampingi beberapa pimpinan OPD turut ambil bagian dalam ritual yang melibatkan masyarakat adat dari Desa Balaweling I, Balaweling II, dan Kelurahan Ritaebang, tersebut pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Diketahui, Porik Kreya adalah sebuah ritual adat khas suku Balawelin yang menandai akan dibangunnya kapela baru, menggantikan kapela Reinha Balawelin yang nampak sudah tua dan usang dimakan usia.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Senin 23 Januari 2023: Gegara Hal Ini, Al Jatuh di Pelukan Abimana Pasca Andin Meninggal

Sungguh, perjalanan menuju kapela bersejarah bagi warga suku Balawelin ini memang tak mudah. Melalui Jalan Usaha Tani (JUT) yang belum disemen ini, motor trail yang dikendarai Doris Rihi berusaha menaklukkan medan berbatu dan jalan setapak yang dipagari rumput basah sepanjang hampir dua kilometer.

Perjalanan pun dilanjutkan melewati jalan setapak menuju lokasi acara, Kapela Reinha Balawelin, yang berada di sebuah daerah datar yang dikelilingi kebun dan hutan.

Letaknya berada di dataran yang lebih tinggi menyisakan halaman besar yang menjadi tempat berkumpulnya umat saat menggelar doa atau ritual adat lainnya.

Baca Juga: Bongkar Sinopsis Ikatan Cinta Senin 23 Januari 2023: Mengharukan! Tangis Reyna Pecah di Sisi Jenazah Andin

Halaman besar ini dipayungi atap seng yang cukup besar yang kemudian dipasangi pipa di sepanjang ujung seng yang akan mengalirkan air hujan menuju tiga penampungan air yang terbuat dari terpal di bawahnya.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x