Dihantam Badai, Kapal Pengangkut 12 Nelayan Asal Rote-NTT Tenggelam di Perairan Australia

- 25 Mei 2023, 07:23 WIB
Tim SAR gabungan dari Kupang mengevakuasi 12 nelayan asal Rote Ndao yang tenggelam di perairan Australia.
Tim SAR gabungan dari Kupang mengevakuasi 12 nelayan asal Rote Ndao yang tenggelam di perairan Australia. /ANTARA/HO-Basarnas Kupang

FLORES TERKINI – Kapal yang ditumpangi 12 orang nelayan asal Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tenggelam wilayah perairan Indonesia-Australia.

Kapal itu sebelumnya dihantam badai dan tenggelam di perairan perbatasan Indonesia-Australia pada 19 Mei 2023, dan ditemukan oleh Australia Border Force (ABF), lalu dievakuasi oleh HMAS ADV Cape Otway.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, I Putu Sudayana, pada Rabu, 24 Mei 2023.

Baca Juga: Cegah Kasus Rabies di NTT, Gubernur Laiskodat Wajibkan Anjing Milik Warga Divaksin

Kata dia, sebelumnya pemerintah Australia melalui Joint Rescue Coordination Centre (JRCC) Australia meminta bantuan evakuasi terhadap 12 nelayan menggunakan kapal Indonesia, yakni KN Pulau Nipah (BAKAMLA RI), untuk dievakuasi ke Indonesia.

Kemudian, Kantor Basarnas Kupang menerima informasi dari Basarnas Command Center (BCC) terkait adanya permintaan evakuasi dari JRCC Australia untuk mengevakuasi 12 orang nelayan yang mengalami kecelakaan kapal tersebut.

Berdasarkan informasi itu, lanjut Sudayana, Basarnas Kupang langsung menggerakkan tim SAR gabungan menuju lokasi kejadian. Adapun tim SAR gabungan itu terdiri dari anggota SAR Basarnas Kupang bersama personel Bakamla Kupang, PSDKP Kupang, dan Polair.

Baca Juga: BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Wilayah NTT Beberapa Hari ke Depan, Cek Lokasinya!

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x