Dilanda Fenomena El Nino, Bulog Klaim Stok Beras di NTT Aman

- 7 Januari 2024, 09:03 WIB
Ilustrasi ketersediaan beras di NTT di tengah fenomena El Nino yang sedang melanda Indonesia.
Ilustrasi ketersediaan beras di NTT di tengah fenomena El Nino yang sedang melanda Indonesia. /Dok. Bulog

FLORESTERKINI.com – Meski saat ini fenomena El Nino sedang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia termasuk di Nusa Tenggara Timur (NTT), Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Kantor Wilayah NTT menjamin stok beras di provinsi kepulauan itu tetap dalam kondisi cukup dan aman.

Manajer Operasional Perum Bulog Kantor Wilayah NTT Faizal Jafar mengatakan, pemerintah pusat melalui Bulog sudah siaga mengantisipasi segala kemungkinan terburuk sebagai dampak langsung dari El Nino. Salah satunya adalah ketersediaan bahan pangan berupa beras di setiap daerah.

"Pemerintah pusat sudah siaga, sehingga kebutuhan beras di Indonesia, khususnya di NTT sendiri tetap aman,” ujar Faizal di Kupang, Sabtu, 6 Januari 2024.

Baca Juga: Tayang 14 Februari 2024, Begini Potret Jefri Nichol dan Lutesha dalam Film Ali Topan

Faizal menuturkan, saat ini stok beras di gudang Bulog NTT mencapai 5.824 ton dan sedang menunggu pengiriman beras tambahan dari wilayah Jawa Timur berkisar 3.829 ton.

Sementara, stok operasional milik Bulog NTT yang tersebar di seluruh daerah di provinsi tersebut mencapai 9.653 ton.

Dikatakannya, pemerintah pusat menaruh perhatian serius terhadap terbatasnya ketersediaan beras dalam negeri. Sehingga pemerintah melalui Perum Bulog mengambil langkah mengimpor dari luar negeri guna  mempertahankan stok yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pemprov NTT Bantu Logistik dan Uang Rp150 Juta untuk Korban Erupsi Gunung Lewotobi

“Selain itu kami masih menunggu kedatangan beras impor dari Vietnam yang jumlahnya mencapai 3.950 ton sehingga totalnya kalau beras impor masuk maka mencapai 13.603 ton,” katanya.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah