Diduga Ada Potensi Money Politic, Bawaslu Sikka Siap Kawal Ketat Proses Pelaksanaan PSU di 2 TPS

- 23 Februari 2024, 22:15 WIB
Kantor Bawaslu Kabupaten Sikka, NTT.
Kantor Bawaslu Kabupaten Sikka, NTT. /Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menyatakan siap mengawal secara ketat pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (PSU) yang akan digelar besok, Sabtu, 24 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Florita Idah Djuang, mengatakan bahwa pengawalan ketat PSU di dua TPS tersebut, yakni TPS 006 Kelurahan Kota Uneng (Kecamatan Alok) dan TPS 002 Desa Uma Uta (Kecamatan Doreng), akan dilakukan bersama dengan komisioner, Panwascam, dan pengawas desa/kelurahan setempat.

Menurut Florita, hal itu dilakukan guna meminimalisir praktik jual beli suara (money politic) oleh pihak-pihak tertentu yang ingin menang di pilcaleg Kabupaten Sikka, entah itu tim sukses maupun partai-partai politik.

Baca Juga: Menjaga Hubungan Tetap Bahagia Usai Hadirnya Si Buah Hati: Kunci Sukses Pernikahan Keluarga Modern

"Bawaslu Sikka akan berusaha bersama sejumlah pengawas, baik di tingkat kecamatan maupun yang ada di tingkat desa dan kelurahan, untuk mengawal ketat proses PSU Sabtu besok," kata Florita saat ditemui FLORESTERKINI.com di ruang kerjanya, Jumat, 23 Februari 2024 siang.

Terkait persiapan, Florita mengaku pihaknya sebelumnya telah melakukan koordinasi dan kembali melakukan pembekalan kepada pengawas di tingkat desa/kelurahan, khususnya di dua lokasi TPS yang akan menggelar PSU tersebut.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Florita Idah Djuang.//
Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Florita Idah Djuang.// Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

Ia menjelaskan, tugas pengawasan untuk dua TPS itu nanti akan diemban langsung oleh petugas pengawas desa/kelurahan, dibantu oleh pengawas kecamatan yang masih berstatus aktif sesuai kontrak kerja mereka.

Sedangkan untuk para pengawas TPS, kata Florita, masa kerja mereka telah berakhir pasca pemilu 14 Februari 2024 lalu. Karena itu tidak dilibatkan dalam PSU tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x