Pemkab Ende Bakal Terima Bantuan Jaringan Internet di 81 Titik, Ini Lokasi yang Diprioritaskan

- 15 Mei 2024, 06:47 WIB
Tampak BTS 4G BAKTI Kominfo yang dibangun di wilayah Kabupaten Ende.
Tampak BTS 4G BAKTI Kominfo yang dibangun di wilayah Kabupaten Ende. /Dok. Ist./Ho-FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Pemerintah Kabupaten Ende, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan menerima bantuan berupa Very Small Aperture Terminal (VSAT) di tahun 2024.

VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit yang memiliki antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Teknologi ini akan dipasang di 81 titik fasilitas umum yang tersebar di seluruh Kabupaten Ende.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ende, Maria Yasinta Wonga Sare, S.T., M.Sc., menjelaskan bahwa bantuan ini berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Pada tahun ini kita mendapat ada 81 titik (jaringan internet) yang sudah disetujui oleh Kemenkominfo, tapi lebih kepada lokasi-lokasi bangunan publik seperti sekolah, Puskesmas atau kantor desa,” kata Maria Yasinta Wonga Sare, Selasa, 14 Mei 2024.

Ia mengatakan, kerja sama untuk pembangunan jaringan internet ini melibatkan pihak ketiga yang sudah diusulkan dua hingga tiga tahun lalu

Maria Yasinta menambahkan, 81 lokasi fasilitas umum tersebut telah menjadi prioritas dan telah diverifikasi oleh Diskominfo Kabupaten Ende terkait kelayakannya. Hasil verifikasi tersebut sudah disampaikan kepada Kemenkominfo.

Selain bantuan VSAT, Kabupaten Ende juga telah memiliki 59 tower Base Transceiver Station (BTS) yang sudah dibangun di berbagai wilayah. Namun, masih ada 37 desa yang hingga kini masuk dalam wilayah blank spot atau daerah yang belum terjangkau jaringan internet.

Kata Maria, Pemerintah Kabupaten Ende terus mendorong Kemenkominfo untuk membangun tower BTS di desa-desa tersebut agar seluruh masyarakat dapat menikmati akses internet.

Dengan adanya bantuan VSAT dan pembangunan tower BTS yang terus diupayakan, diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Ende, terutama yang berada di wilayah terpencil, dapat mengakses internet dengan lebih mudah. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas hidup, pendidikan, dan perekonomian masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah