Pilkada Ende 2024: DPD Partai Nasdem Ende Utamakan Kader Partai

- 16 Mei 2024, 07:05 WIB
Ilustrasi Pilkada Ende 2024.
Ilustrasi Pilkada Ende 2024. /Tanjungpinang.Pikiran-Rakyat/Ist

FLORESTERKINI.com – Sebanyak delapan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) siap bersaing dalam Pilkada Ende dengan mendaftarkan diri di DPD Partai Nasdem Ende, terhitung hingga pertengahan bulan Mei 2024.

Kedelapan bacabup dan bacawabup yang sudah mendaftar di ‘rumah’ DPD Nasdem Ende tersebut adalah:

  1. Erikos Emanuel Rede (bacabup), Ketua DPD Partai Nasdem Ende sekaligus mantan wakil bupati Ende.
  2. Awalludin (bacawabup), Ketua DPD PSI Ende, yang akan berpasangan dengan Erikos Emanuel Rede.
  3. Laurentius Gadi Djou (bacabup).
  4. Yustinus Sani (bacabup).
  5. Don Bosco M Wangge (bacabup), bupati Ende periode 2009-2014.
  6. Yosef Benediktus Badeoda (bacabup)
  7. Maximus Deki mendaftar (bacawabup).
  8. H. Djafar H. Achmad, M.M. (bacabup), mantan bupati Ende periode 2019-2024.

Mekanisme Seleksi

Ketua Bapilu DPD Partai Nasdem Ende, Oktavianus Moa Mesi, menjelaskan bahwa berkas pendaftaran yang masuk ke DPD Nasdem Ende akan melalui mekanisme survei dan seleksi, termasuk Erik Rede. Hasil survei akan menjadi salah satu faktor penentu dalam menentukan pasangan calon yang akan diusung.

"Berkas yang sudah masuk ke DPD Nasdem Ende kami sudah lanjutkan ke DPW dan kami sudah presentasikan semua plus-minus dari masing-masing yang mendaftar ke Partai Nasdem Ende, selanjutnya diteruskan ke DPP melalui DPW," kata Oktavianus yang juga Wakil Ketua DPRD Ende itu, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia mengatakan, meskipun membuka pendaftaran secara umum, Partai Nasdem Ende tetap memprioritaskan kader partai, terutama Erikos Emanuel Rede, sebagai calon bupati.

“DPD Partai Nasdem Ende masuk kategori klaster dua, artinya meski membuka pendaftaran secara umum bagi siapa saja yang berniat maju di Pilkada Ende 2024, tetapi memprioritaskan kader Partai Nasdem, yakni Erikos Emanuel Rede, Ketua DPD Partai Nasdem Ende,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Ende, Erikos Emanuel Rede, saat mendaftarkan diri sebagai bacabup di DPC PDI Perjuangan Ende. Ia berpasangan dengan Awalludin sebagai bacawabup.//
Ketua DPD Partai Nasdem Ende, Erikos Emanuel Rede, saat mendaftarkan diri sebagai bacabup di DPC PDI Perjuangan Ende. Ia berpasangan dengan Awalludin sebagai bacawabup.// AA/Kontributor/FLORESTERKINI.com

Meskipun dalam tahapan selanjutnya para bakal calon yang sudah mendaftar akan melewati survei dan seleksi, Oktavianus mengatakan bahwa hasil survei bukan satu-satunya alat ukur keputusan, tetapi salah satu faktor yang akan menentukan konfigurasi pasangan yang akan ditentukan oleh DPP.

"Sudah tiga kali Pilkada serentak ini memang Partai Nasdem selalu berada di tiga besar secara nasional, bahkan terakhir unggul dari PDIP. Tetapi karena selalu ambil dari luar yang bukan kader, pengalaman dua kali ini setelah jadi kebanyakan Partai Nasdem dicuekin maka ada perubahan kebijakan untuk prioritas ke kader," kata mantan aktivis GMNI itu.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah