Kisah Marinus Manis yang Sukses Melenggang ke DPRD NTT, Berawal dari Pekerja di Koperasi ‘Selamat Pagi’

- 17 Mei 2024, 21:02 WIB
Marinus Manis, anggota DPRD Provinsi NTT Terpilih Periode 2024-2029 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
Marinus Manis, anggota DPRD Provinsi NTT Terpilih Periode 2024-2029 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). /Dok. Pribadi Marinus

FLORESTERKINI.com – Marinus Manis, anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih untuk periode 2024-2029 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), memiliki perjalanan hidup yang sangat inspiratif.

Keuletan, komitmen, dan kerja keras yang ia tanamkan dalam hidupnya telah berbuah manis, baik bagi dirinya, keluarga, maupun masyarakat NTT, terutama di Daerah Pemilihan (Dapil) NTT V yang mencakup wilayah Ngada, Nagekeo, Ende, dan Sikka.

Awal Karir yang Penuh Tantangan

Perjalanan karir Marinus dimulai setelah lulus dari SMK Sint Gabriel Maumere pada tahun 2002. Ayah dari dua anak ini memulai karirnya sebagai staf lapangan di Primkop ABRI, sebuah lembaga keuangan non-perbankan yang dikenal sebagai koperasi harian atau koperasi ‘selamat pagi’ oleh masyarakat NTT.

Di sini, Marinus bekerja keras tanpa lelah, meskipun harus berjalan kaki untuk mengunjungi nasabahnya satu per satu di Kabupaten Sikka. Namun, kesulitan tersebut tidak membuatnya menyerah. Untuk memperlancar pekerjaannya, ia akhirnya mencicil sebuah sepeda motor.

Pada tahun 2007, Marinus berpindah ke Lembaga Keuangan Mikro, lembaga non-perbankan lain yang fokus bisnisnya serupa dengan Primkop ABRI. Di sini, ia tetap bertugas sebagai staf lapangan di Kabupaten Sikka.

Selama hampir sepuluh tahun bekerja di lapangan, Marinus bertemu dengan berbagai karakter orang dan memahami berbagai persoalan hidup. Pengalaman ini membuatnya berkomitmen untuk suatu hari bisa membantu masyarakat dengan mengambil peran penting di lembaga legislatif.

"Saya jadi tahu banyak dan berkomiten bahwa suatu saat saya akan bantu masyarakat dan harus mengambil posisi tawar yang tepat di lembaga legislatif," kata Marinus Manis saat diwawancarai awak media, Jumat, 17 Mei 2024.

Mendirikan Lembaga Keuangan Sendiri

Dengan bekal pengalaman dan keuletannya, pada tahun 2012, Marinus mendirikan Lembaga Keuangan Mikro yang diberi nama Putra Dewa. Kali ini, ia tidak lagi berperan sebagai staf lapangan, melainkan sebagai pemilik sekaligus manajer. Di bawah kepemimpinannya, LKM Putra Dewa mempekerjakan puluhan karyawan dan terus beroperasi hingga saat ini.

Meski sibuk membangun bisnis, Marinus tetap melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 2018, setelah hampir sepuluh tahun berkarir, ia berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Nusa Nipa Maumere dengan gelar di bidang Manajemen.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah