Kebakaran Rumah di Mautapaga-Ende, Enam Penghuni Sedang Beribadah Rosario

- 17 Mei 2024, 22:33 WIB
Petugas Damkar dan warga berusaha memadamkan api yang melahap rumah seorang warga di Mautapaga, Ende, Jumat (17/05/2024) malam WITA.
Petugas Damkar dan warga berusaha memadamkan api yang melahap rumah seorang warga di Mautapaga, Ende, Jumat (17/05/2024) malam WITA. /Dok. Ist./Ho-FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Sebuah rumah milik Gregorius Ratu yang berlokasi di Jalan Melati, depan Bete Cafe, RT.006/RW.003, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, ludes terbakar pada Jumat, 17 Mei 2024 sekitar pukul 20.31 WITA. Saat kejadian, keenam penghuni rumah tersebut tidak berada di tempat karena sedang mengikuti ibadah Rosario.

Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh warga setempat yang juga baru saja pulang dari ibadah Rosario. Menurut Lurah Mautapaga, Venantius Anggi, kebakaran ini diduga disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik.

Hingga saat ini, jumlah kerugian material akibat kebakaran masih belum diketahui, namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Pada waktu kebakaran, lima anggota keluarga tidak berada di lokasi sehingga yang mengetahui awal kejadian ini adalah tetangga,” kata Venantius.

Ia mengatakan, pasca mengetahui hal itu, warga segera melaporkan kejadian itu kepada Damkar. Petugas Damkar yang tiba di lokasi kemudian bersama masyarakat melakukan upaya pemadaman.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.00 WITA. Saat kejadian, para korban, berdasarkan informasi, kemungkinan mereka melakukan ibadah doa Rosario, sehingga rumahnya kosong," imbuh Venantius.

Tindakan Darurat dan Pencegahan

Venantius juga menyatakan bahwa PLN segera memutuskan arus listrik untuk mencegah meluasnya kebakaran ke rumah-rumah di sekitarnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Ende Tengah dan Dinas Sosial Kabupaten Ende untuk melakukan penanganan darurat bagi para korban kebakaran.

Selain itu, Venantius menghimbau kepada seluruh warga Kelurahan Mautapaga untuk selalu memperhatikan kondisi arus listrik, rokok, dan bahan-bahan yang mudah terbakar saat meninggalkan rumah atau tidak berada di tempat.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah