Petani di Kolisia-Sikka Panen Bawang Benih Merdeka F1, Raup Untung Rp17 Juta Sekali Panen

- 19 Mei 2024, 07:30 WIB
Warga Desa Kolisia, Kabupaten Sikka, saat memanen Bawang Merah Merdeka F1, Sabtu (18/05/2024).
Warga Desa Kolisia, Kabupaten Sikka, saat memanen Bawang Merah Merdeka F1, Sabtu (18/05/2024). /Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Ali Ade, petani di Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan panen Bawang Merdeka F1 dalam kemasan kegiatan Desa Sejahtera Astra, Sabtu, 18 Mei 2024.

Hadir dalam kegiatan itu di antaranya Fasilitator Astra Group Yofani Maria Renya Rosari Francis atau Foni Francis, Penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Sikka Petrus Tibur, dan puluhan petani dari Desa Kolisia maupun dari luar desa tersebut.

Keberhasilan Petani Kolisia Menanam Bawang Merdeka F1

Ali Ade, salah satu pelaku utama dalam proyek ini, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Foni Francis yang hadir dan mendukung kegiatan panen ini, sekaligus meninjau lokasi yang nantinya akan berkolaborasi dengan Astra.

Ali menjelaskan, benih Bawang Merdeka F1 yang mereka tanam adalah hasil dari PT. East West Seed, sebuah perusahaan benih nasional. Salah satu keunggulan benih ini adalah kemampuannya untuk ditanam di musim hujan, sebuah kondisi yang biasanya kurang ideal untuk tanaman bawang.

"Benih Bawang Merdeka F1 yang kami tanam ini merupakan benih dari salah satu Perusahaan Benih Nasional yaitu PT. East West Seed, keunggulan beni Bawang Merdeka F1 ini kita bisa tanam di musim hujan," ungkapnya.

Pada awalnya, Ali menanam benih tersebut di tengah musim hujan. Hal ini membuat banyak masyarakat di sekitarnya pesimis dan meragukan keberhasilan tanaman tersebut.

Namun, setelah panen, keraguan tersebut berubah menjadi kekaguman. Masyarakat yang awalnya skeptis, kini datang untuk melihat dan bertanya tentang benih serta metode yang digunakan oleh Ali.

"Saya tanam pertama mereka lewat tidak lihat bahkan ada yang tertawa, dan heran tapi setelah panen, akhirnya sebagian masyarakat kaget kemudian mereka datang lihat, mereka tanya pake benih apa caranya seperti lalu saya jelaskan", ungkap Ali.

Hasil Panen dan Keuntungan Ekonomi

Bawang Merdeka F1 telah melalui dua kali panen dengan hasil yang cukup memuaskan. Ali memperkirakan hasil panennya mencapai 800 kg hingga 1 ton per satu kali panen.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah