Pilkada Ende 2024: Bawaslu Ungkap Indeks Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah

- 20 Mei 2024, 22:12 WIB
Ilustrasi Pilkada Ende 2024.
Ilustrasi Pilkada Ende 2024. /Dok. Ist.

FLORESTERKINI.com – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Ende telah melakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi berbagai potensi kerawanan yang mungkin timbul selama proses Pilkada. Analisis ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa dimensi penting yang diharapkan dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko pelanggaran selama Pilkada berlangsung.

Indeks Kerawanan Berdasarkan Konstelasi Politik

Ketua Bawaslu Ende, Basilius Wena, mengungkapkan pada Senin, 20 Mei 2024, bahwa salah satu aspek utama dari indeks kerawanan ini adalah konstelasi politik yang berkembang di Kabupaten Ende.

Baca Juga: 2 Tahun Mengabdi di Flores Timur, Doris Rihi Diakui Telah Beri Warna Baru

Menurut Basilius, potensi kerawanan bisa muncul dari peserta atau pasangan calon yang mungkin menggunakan berbagai kekuatan untuk memenangkan kompetisi, bahkan dengan melakukan kecurangan.

"Artinya bahwa potensi yang terjadi bagaimana peserta atau pasangan bakal calon dia akan menggunakan kekuatan-kekuatan yang mungkin saja atau bisa melakukan kompetisi dalam Pilkada dengan berbagai kecurangan," jelas Basilius Wena.

Dalam konteks sosial politik, Basilius mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menciptakan rasa aman dan kondusif. Situasi yang aman ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan politik dan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pilkada.

"Adanya keamanan dan ketertiban akan memberikan ruang bagi pendidikan politik serta ajakan partisipasi masyarakat dalam Pilkada," lanjutnya.

Baca Juga: Pemkab Ende Belum Kantongi Alokasi Anggaran Proyek Drainase Senilai Rp49 Miliar, Ini Alasannya!

Strategi Mengatasi Kerawanan Pilkada

Ketua Bawaslu Ende, Basilius Wena.//
Ketua Bawaslu Ende, Basilius Wena.// Dok. Ist./Ho-FLORESTERKINI.com

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah