Pilkada Ende 2024: Hasil Fit and Proper Test Empat Bacabup Dinilai Memuaskan, Siapa Saja?

- 22 Mei 2024, 06:24 WIB
Ilustrasi Pilkada Ende 2024.
Ilustrasi Pilkada Ende 2024. /Dok. Ist.

FLORESTERKINI.com – Pilkada Ende 2024 semakin mendekat dan proses pemilihan bakal calon bupati (Bacabup) dari berbagai partai politik pun semakin intens. Salah satu partai yang sudah melaksanakan tahap penting ini adalah Partai Demokrat. Pada tanggal 19 Mei 2024, empat Bacabup dari Kabupaten Ende mengikuti fit and proper test yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat NTT di Kupang. Para Bacabup yang mengikuti tes ini adalah Djafar H. Achmad, Lori Gadi Djou, Erik Rede, dan Yosep Badeoda.

Proses Fit and Proper Test

Mikael Badeoda, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Ende, menyatakan pada Senin, 20 Mei 2024, bahwa hasil dari fit and proper test keempat Bacabup tersebut sangat memuaskan. Ia menambahkan bahwa hasil tersebut telah diserahkan oleh Ketua DPD ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk tahap selanjutnya.

"Di mata DPD hasil fit and proper test keempat bakal calon itu sangat memuaskan untuk selanjutnya tadi pagi (Senin) Ketua DPD mengantar keempat nama ini ke DPP," jelas Mikael Badeoda.

Mikael juga menjelaskan bahwa DPC Partai Demokrat Ende bertugas mengumpulkan nama-nama Bacabup dan melakukan survei elektabilitas terhadap Djafar H. Achmad, Lori Gadi Djou, Erik Rede, dan Yosep Badeoda. Dari hasil survei tersebut, elektabilitas keempat Bacabup ini hampir tidak berbeda, sehingga tidak bisa ditentukan siapa yang paling tinggi elektabilitasnya.

"Jadi kita tidak bisa sampaikan bahwa siapa yang paling tinggi tapi keempat nama itu termasuk bagus semua," ujarnya.

Terkait penentuan pasangan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), Mikael mengungkapkan bahwa DPC Partai Demokrat Ende menyerahkan keputusan tersebut kepada para Bacabup. Namun, terdapat pengecualian untuk Erik Rede yang telah mendaftar bersama calon wakilnya, Awalludin, Ketua DPD PSI Ende.

Rangkaian Fit and Proper Test

Jajajaran DPD Partai Demokrat NTT.
Jajajaran DPD Partai Demokrat NTT. Dok. Ist./Ho-FLORESTERKINI.com

Fit and proper test merupakan bagian integral dari proses seleksi yang dilakukan Partai Demokrat untuk menentukan calon kepala daerah yang akan mereka usung. Tes ini diikuti oleh 76 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah se-NTT, yang berlangsung dari Selasa, 15 Mei hingga Minggu, 19 Mei 2024. Data tersebut sesuai dengan rekap yang dirilis oleh Tim Satgas DPD Partai Demokrat NTT.

Fit and proper test adalah alat penting untuk mengukur kapasitas dan kapabilitas para calon sesuai dengan visi dan misi yang mereka ajukan. Leonardus Leo Lelo, Ketua DPD Partai Demokrat NTT, menjelaskan bahwa tes ini bertujuan untuk menilai kelayakan setiap Bacabup. Proses ini melibatkan penggalian visi dan misi serta evaluasi kemampuan para calon untuk mewujudkannya.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah