Gunung Lewotobi Laki-Laki Terus Muntahkan Abu Vulkanik, Status Ditingkatkan ke Level III

- 10 Juni 2024, 10:04 WIB
Gunung Lewotobi Laki-Laki terpantau pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 07.37 WITA.
Gunung Lewotobi Laki-Laki terpantau pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 07.37 WITA. /Eman Niron / FLORES TERKINI

FLORES TERKINI – Gunung Api Lewotobi Lak-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 07.30 WITA kembali memuntahkan abu vulkaniknya. Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia menaikkan status Gunung Lewotobi Laki-Laki dari Level II  ke Level III.

Pengumuman perubahan status dari Level II (WASPADA) ke Level III (SIAGA) tersebut disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan, atas nama Kepala Badan Geologi  melalui surat bernomor 824.Lap/GL.03/BGV/2024 tanggal 10 Juni 2024.

Surat berperihalkan penyampaian peningkatan tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki dari Level II ke Level III tersebut ditujukan kepada  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Gubernur NTT, dan Bupati Flores Timur.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Grup E Euro 2024: Prediksi dan Analisis Lengkap

Sebagaimana yang terlihat dari arah Kelurahan Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, mula-mula kepulan asap putih terlihat muncul dari salah satu kepundan Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Gulungan asap putih tersebut terus membumbung tinggi, lurus, lalu pada ujung atas (muntahan pertama), perlahan melebar ke sisi kanan dan kiri.

Pada pukul 07.45 WITA gulungan asap putih yang terus menebal itu kemudian perlahan membias di ketinggian ke arah Desa Konga dan sekitarnya.

“Bila dari arah biasan, dominan biasan abu yang tersembur dari kepundan Lewotobi Laki-Laki itu menyasar wilayah Dulipali, Konga, dan Kecamatan Titehena lainnya,” sebut Alfons Werang dan Smit Liwu yang menyaksikan semburan tersebut.

Baca Juga: Keunggulan Memiliki Rumah Minimalis 3 Lantai: Nomor 5 Bisa Datangkan Cuan Berlimpah

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah