Presiden Jokowi Soal Tragedi Berdarah di Kanjuruhan: Hentikan Sementara Liga 1 dan Lakukan Investigasi

- 2 Oktober 2022, 16:08 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) /Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

FLORES TERKINI – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kompetisi Liga 1 dihentikan sementara pasca kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang kini telah mengakibatkan ratusan korban tewas.

“Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan,” kata Jokowi, Minggu, 2 Oktober 2022, dikutip dari presidenri.go.id.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu, 1 Oktober 2022 kemarin malam.

Baca Juga: Lesty Kejora Merana Rizky Billar Telah Nikah Sirih, Video Akad Beredar di Media Sosial Jadi Bukti?

“Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-sudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Sebagai tindak lanjutnya, Jokowi meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik.

Lebih lanjut, Kepala Negara juga telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan dan prosedur pengamanan penyelenggaraan sepak bola di Tanah Air.

Baca Juga: Sepak Bola Berdarah, 127 Warga Meninggal di Tempat Pasca Kerusuhan Antara Suporter Arema dan Persebaya

Secara khusus, Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x