Rekomendasi Destinasi Ekowisata Hutan Mangrove Terbaik di Kota Kupang, Tawarkan Wisata Alam Menakjubkan

- 19 Mei 2024, 07:00 WIB
Salah satu spot terbaik di Ekowisata Mangrove Oesapa, Kota Kupang, NTT.
Salah satu spot terbaik di Ekowisata Mangrove Oesapa, Kota Kupang, NTT. /Diparekraf NTT/Harry Makertia

FLORESTERKINI.com – Mengunjungi Kota Kupang tak lengkap rasanya tanpa mengeksplorasi keindahan ekowisata hutan mangrove yang berada di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan luas sekitar 5 hektar, Hutan Mangrove Oesapa menawarkan pengalaman wisata alam yang menakjubkan di tepi Pantai Oesapa Barat.

Pengelolaan hutan mangrove ini dilakukan oleh kelompok masyarakat setempat yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang. Kerjasama ini memastikan bahwa area tersebut terawat dengan baik dan dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

Spot Foto Instagramable

Ekowisata Mangrove Oesapa terkenal sebagai salah satu lokasi yang sangat instagramable. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sepanjang jembatan kayu yang melintasi hutan mangrove.

Jembatan tersebut dikelilingi oleh pohon mangrove jenis Rhizophora dengan akar-akar tunjang yang menjulang tinggi, menciptakan suasana alami yang memukau.

Ranting-ranting dan daun-daun pohon mangrove yang lebat memberikan nuansa sejuk dan teduh, membuat setiap sudutnya layak untuk diabadikan dalam foto.

Fasilitas dan Kenyamanan Pengunjung

Di pintu masuk, pengunjung akan disambut oleh tulisan besar: ECOWISATA MANGROVE. Untuk memasuki area ini, pengunjung harus berjalan di atas jembatan papan yang dibuat melingkar di dalam hutan mangrove. Jembatan ini memiliki dua jalur, satu untuk masuk dan satu untuk keluar, dengan warna-warni yang menarik.

Di tengah lokasi, terdapat menara kayu yang dilengkapi dengan sebuah rumah kecil di atasnya. Tempat ini menjadi spot favorit untuk berfoto, meskipun pengunjung harus berhati-hati karena menaranya cukup tinggi.

Pada ujung destinasi, terdapat sebuah kayak kayu buatan yang sering dijadikan tempat menarik untuk berfoto. Selain itu, terdapat juga lantai berbentuk lingkaran yang berfungsi sebagai dermaga kecil di samping kayak tersebut.

Harga Tiket dan Layanan Fotografer

Peta lokasi Ekowisata Mangrove Oesapa, Kota Kupang, NTT.//
Peta lokasi Ekowisata Mangrove Oesapa, Kota Kupang, NTT.// Tangkap Layar Google Maps

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: parekrafntt.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah