Keindahan Tersembunyi Pantai Batu Kepala di NTT, Nyaris Mirip Tanah Lot Bali

- 19 Mei 2024, 08:00 WIB
Pantai Batu Kepala di NTT.
Pantai Batu Kepala di NTT. /Disparekraf NTT/Palti Laitera

FLORESTERKINI.com – Pantai Batu Kepala, yang terletak di Kelurahan Nunhila, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyimpan pesona alam yang memikat.

Terpaut jarak tempuh hanya 15 menit dari pusat Kota Kupang, pantai ini menawarkan keindahan yang hampir serupa dengan Tanah Lot di Bali, meskipun tanpa kehadiran pura.

Pantai ini dikenal dengan air lautnya yang tenang berwarna biru kehijauan, menciptakan pemandangan yang menyegarkan mata.

Nama Batu Kepala berasal dari sebuah batu besar yang dulunya menyerupai kepala binatang. Sayangnya, batu ikonik ini telah hancur oleh ombak laut yang terus menerpa. Meskipun demikian, nama ini tetap melekat dan menjadi bagian dari identitas pantai ini.

Akses Menuju Pantai Batu Kepala

Peta lokasi Pantai Batu Kepala di NTT.//
Peta lokasi Pantai Batu Kepala di NTT.// Tangkap Layar Google Maps

Untuk mencapai Pantai Batu Kepala, wisatawan harus menuju Benteng Konkordia Kupang. Di dekat benteng ini terdapat sebuah gapura dengan tulisan: BATU KEPALA BEACH. Dari gapura ini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 250 meter melalui jalan setapak yang telah diaspal hingga tiba di pantai.

Daya Tarik Utama Pantai

Pantai Batu Kepala memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya istimewa. Selain air lautnya yang jernih dan tenang, pantai ini juga digunakan sebagai tempat menambatkan kapal nelayan oleh warga sekitar.

Namun, yang paling menarik adalah pantai ini merupakan salah satu lokasi terbaik di Kota Kupang untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

Fasilitas Pendukung

Pantai Batu Kepala yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).//
Pantai Batu Kepala yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).// Disparekraf NTT/Palti Laitera

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: parekrafntt.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah