Renungan Katolik Hari Minggu Paskah VII, 12 Mei 2024: Doa Yesus untuk Kita

- 11 Mei 2024, 09:16 WIB
Ilustrasi Renungan Katolik Hari Minggu Paskah VII, 12 Mei 2024.
Ilustrasi Renungan Katolik Hari Minggu Paskah VII, 12 Mei 2024. /Kolase Foto FLORESTERKINI.com/Pixabay

FLORESTERKINI.com – Renungan Katolik Minggu Paskah VII, yang juga dikenal sebagai Hari Minggu Komunikasi Sedunia, 12 Mei 2024, mengantar umat sekalian untuk merenungkan doa Yesus, yang dipersembahkan-Nya secara khusus untuk kita, dalam kesatuan kita dengan Allah.

Sebelum masuk ke dalam inti renungan di hari Minggu ini, kita akan terlebih dulu diperdengarkan Bacaan Kitab Suci dari Kisah Para Rasuk 1:15-17.20-26 (Bacaan Pertama), 1 Yohanes 4:11-16 (Bacaan Kedua), dan Injil Yohanes 17:11b-19.

Rasul Yohanes dalam Bacaan Kedua sekali lagi menyampaikan wahyu teramat penting: "ALLAH ADALAH KASIH. Barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia" (1Yoh. 4:16).

Baca Juga: Pria di Sikka Meninggal Dunia Usai Ditabrak Anggota TNI, Tinggalkan Istri yang Sedang Hamil

Kesatuan dalam Allah inilah yang didoakan Yesus bagi para murid-Nya pada malam perjamuan terakhir: "Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam Nama-Mu".

Melalui doa-Nya Yesus mengantar kita masuk ke dalam hati Tuhan, Bapa Mahapenyayang. Di situ, kita merasakan kasih paling personal, seakan-akan tiap kita ini adalah satu-satunya orang yang dikasihi Allah.

Tetapi sesungguhnya, Hati Yang Mahaagung itu merangkul seluruh umat manusia dan semesta ciptaan. Maka Kasih-Nya langsung menghubungkan pribadi setiap kita dengan semua yang lain. Maka doa yang sejati bersifat personal dan sekaligus universal.

Baca Juga: Memahami Logo dan Moto Kunjungan Paus Fransiskus ke Asia dan Oceania, Bawa Pesan Perdamaian

Yesus berdoa kepada Bapa: "Supaya mereka menjadi satu seperti Kita". Kesatuan yang didoakan Yesus bukanlah kesatuan organisasi atau lembaga gerejawi, melainkan kesatuan dalam iman, pengharapan dan kasih, "agar sukacita-Ku menjadi penuh di dalam mereka". Kesatuan dengan Tuhan itulah yang menjadi sumber sukacita sejati bagi kita.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah