Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS, Rencanakan Keuangan Masa Depan dengan Lebih Baik

- 27 Mei 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan.
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. /Dok. BPJS Ketenagakerjaan

FLORESTERKINI.com – BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah yang memberikan perlindungan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia. Salah satu manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua (JHT).

Untuk memudahkan peserta dalam mengecek saldo JHT, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan cek saldo melalui SMS. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS.

Langkah-Langkah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Untuk dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS, Anda perlu mempersiapkan beberapa data penting, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), tanggal lahir, nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan alamat email yang aktif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Daftar dan Verifikasi Data

Langkah pertama adalah mendaftarkan data Anda dengan mengirimkan SMS ke nomor 2757. Format SMS yang harus dikirim adalah: DAFTAR SALDO#nomor KTP#tanggal lahir dengan format DD-MM-YYYY#nomor peserta#email. Sebagai contoh: DAFTAR SALDO#3280123456789012#19-09-1990#64301234567#[email protected].

Setelah mengirimkan SMS dengan format tersebut, Anda akan menerima balasan dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberitahukan apakah data Anda sudah terdaftar atau belum.

2. Kirim SMS Permintaan Saldo

Jika data Anda sudah terdaftar, langkah selanjutnya adalah mengirimkan SMS permintaan saldo. Format SMS yang harus dikirim adalah: SALDO nomor peserta. Sebagai contoh: SALDO 64301234567.

Kirimkan SMS tersebut ke nomor 2757. BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan informasi saldo JHT Anda melalui SMS.

Keuntungan Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Mudah dan praktis: Anda bisa mengecek saldo kapan saja dan di mana saja tanpa perlu akses internet.
  • Cepat: proses pengiriman dan penerimaan informasi saldo relatif cepat, hanya dalam hitungan menit.
  • Hemat biaya: biaya pengiriman SMS relatif murah dibandingkan harus datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan atau menggunakan layanan online yang memerlukan koneksi internet.

Tips dan Catatan Penting

  1. Pastikan nomor KTP, tanggal lahir, dan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang Anda kirimkan sudah benar untuk menghindari kesalahan informasi.
  2. Simpan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan di tempat yang mudah diingat agar tidak kesulitan saat membutuhkan.
  3. Jika mengalami kendala atau tidak mendapatkan balasan dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS. Pastikan untuk selalu memantau saldo JHT Anda secara berkala agar dapat merencanakan keuangan masa depan dengan lebih baik.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah