Mudah dan Praktis! Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Memanfaatkan NIK

- 27 Mei 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK.
Ilustrasi. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK. /Dok. Ist.

FLORESTERKINI.com – BPJS Ketenagakerjaan adalah program yang memberikan jaminan sosial bagi para pekerja di Indonesia. Salah satu manfaat yang ditawarkan adalah Jaminan Hari Tua (JHT), yang dananya dapat dicek secara berkala oleh peserta.

Selain menggunakan aplikasi JMO atau SMS, peserta juga dapat memeriksa saldo JHT melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). Artikel ini akan membahas cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat NIK dengan langkah-langkah yang mudah dan praktis.

Langkah-Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat NIK

Memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan NIK bisa dilakukan dengan mengirim SMS. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Kirim SMS Pendaftaran

Langkah pertama adalah mendaftarkan diri dengan format SMS yang tepat. Ketik pesan dengan format: DAFTAR SALDO#NIK#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta.

Selanjutnya kirim SMS tersebut ke nomor 2757. Pastikan data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Terima ID Pemohon

Setelah mengirim SMS pendaftaran, kamu akan menerima balasan yang berisi ID pemohon. Simpan ID ini dengan baik, karena akan digunakan untuk langkah selanjutnya.

3. Cek Saldo dengan Nomor Peserta

Setelah memiliki ID pemohon, kirim SMS lagi dengan format: SALDO Nomor Peserta. Kirim SMS ini ke nomor yang sama, yaitu 2757.

4. Terima Informasi Saldo JHT

Dalam beberapa saat, kamu akan menerima balasan SMS yang berisi informasi saldo JHT secara langsung. Informasi ini mencakup jumlah dana yang telah terkumpul dalam akun JHT-mu.

Keterbatasan Layanan Cek Saldo Lewat NIK

Meskipun cara ini praktis, ada beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan:

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah