Teknologi untuk Semua, Membangun Masa Depan yang Inklusif dan Berkelanjutan, Sebuah Jendela Masa Depan Manusia

- 11 Februari 2024, 12:09 WIB
Warisan Teknologi, ENIAC dan Kontribusinya pada Peradaban Manusia, Komputer Pertama di Dunia oleh University of Pennsylvania.
Warisan Teknologi, ENIAC dan Kontribusinya pada Peradaban Manusia, Komputer Pertama di Dunia oleh University of Pennsylvania. /britannica.com

FLORESTERKINI.com - Sehari-hari, kata "teknologi" sering terdengar atau terbaca. Apakah kita sudah benar-benar memahaminya? Untuk lebih memahami konsep ini, mari kita telaah artikel berikut.

Definisi Teknologi

Teknologi, secara etimologis, berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata "techne" yang berarti seni, kerajinan, atau keterampilan; dan "logos" yang berarti ilmu atau studi. Dengan demikian, teknologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang suatu seni, kerajinan, atau keterampilan tertentu.

Teknologi menurut pendapat beberapa ahli

Berniker (1987) mendefinisikan teknologi sebagai pengetahuan yang mencakup metode, seni, dan cara kerja untuk membangun dunia.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A55 5G Terungkap! Mampukah Ponsel Ini Menjadi Penguasa Baru di Kelas Menengah?

Seattler (2004) mengatakan bahwa teknologi adalah pengetahuan praktis yang sistematis untuk meningkatkan produksi barang dan jasa, diwujudkan dalam kemampuan produktif, organisasi, atau mekanikal, berdasarkan riset dan/atau teori ilmiah.

Menurut Siemens dan Tittenberger (2009), teknologi adalah cara untuk mewujudkan gagasan melalui desain peralatan yang memudahkan kehidupan.

Dari pengertian tersebut, teknologi dapat dianggap sebagai sistem atau metode yang menggunakan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu (produk atau peralatan).

Manfaat Teknologi

Baca Juga: AI Ungkap Misteri Gulungan Papirus, Kisah Sebuah Kota Kuno di Italia Akhirnya Terpecahkan

Manfaat teknologi dapat dilihat dalam beberapa aspek

  • Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pekerjaan: Teknologi telah membantu manusia sejak zaman prasejarah dengan menciptakan alat untuk memenuhi kebutuhan, seperti kapak dan belati untuk berburu. Dalam perkembangannya, teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, contohnya dengan adanya komputer yang mempermudah pengolahan informasi.
  • Menghasilkan Produk yang Bermanfaat: Teknologi hadir untuk menciptakan produk yang berguna bagi peradaban manusia, seperti obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit atau bahasa lisan untuk berkomunikasi.

Implementasi Teknologi

Salah satu manfaat teknologi di bidang informasi.
Salah satu manfaat teknologi di bidang informasi. Pixabay

Halaman:

Editor: Konrad Nedu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x