Proyek Air Minum IKK di Nita Tak Kunjung Rampung hingga Penghujung Tahun 2023, Begini Kata Kepala Desa Bloro

- 28 Desember 2023, 20:33 WIB
Daniel Desa, Kepala Desa Bloro.
Daniel Desa, Kepala Desa Bloro. /Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Proyek air minum Indikator Kinerja Utama (IKK) di Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), belum rampung dikerjakan hingga penghujung tahun 2023. Proyek yang bersumber dari Dana Pinjaman Daerah sebesar Rp3.535.704.374,67 tersebut dikerjakan oleh CV Araya Bina Konstruksi sejak tahun 2021.

Akibatnya, ribuan warga dari dua desa di Kecamatan Nita, yakni Desa Ladogahar dan Desa Bloro, sampai saat ini tetap mengalami kesulitan mendapatkan air minum bersih.

Kini, tampaknya harapan warga untuk mendapatkan air minum bersih secara memadai perlahan-lahan mulai pupus. Warga akhirnya mau tidak mau harus tetap bergantung pada air minum dari mobil tangki yang berkeliling dari desa ke desa untuk menjual air minum bersih.

Baca Juga: Kaesang Berterima Kasih kepada Warga Sikka Karena Telah Menangkan Jokowi 2 Periode

Menurut pengakuan warga, harga air dari mobil tangki itu pun terbilang cukup mahal. Untuk mendapatkan air minum bersih, mereka harus merogoh kocek sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000.

Menanggapi situasi itu, Daniel Desa selaku Kepala Desa Bloro mengatakan bahwa proyek air minum IKK sesungguhnya menjadi harapan besar warga Desa Ladogahar dan Desa Bloro, yang jumlah KK-nya rata-rata mencapai 250 sampai 350 Kepala Keluarga (KK).

Menurut pengamatannya, proyek air minum di desanya bahkan sudah lama tidak terlihat ada aktivitas pekerjaan oleh kontraktor pelaksana.

Baca Juga: Cerita Pater Hendrik Maku Soal 10 Atlet dari Sikka yang Ditampung Usai Kejurnas di Banten, Tak Dibiayai Pemda?

“Saat ini baru ada pemasangan jaringan perpipaan dari Ladogahar sampai Bloro. Sementara bak reservoar, captering, dan mesin pompa air juga belum selesai dikerjakan oleh kontraktor pelaksana," kata Daniel kepada FLORESTERKINI.com belum lama ini, Sabtu, 23 Desember 2023.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah