Peringati Hari Bumi Sedunia, Pj Bupati Sikka dan Uskup Maumere Bersihkan Kali Mati di Kelurahan Kabor

- 20 April 2024, 20:47 WIB
Kegiatan pembersihan sampah di sepanjang kali mati Kampung Kabor, Maumere-Sikka, guna memperingati Hari Bumi Sedunia.
Kegiatan pembersihan sampah di sepanjang kali mati Kampung Kabor, Maumere-Sikka, guna memperingati Hari Bumi Sedunia. /Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera bersama Uskup Maumere Mgr. Ewaldus Martinus Sedu, Pr, membersihakan sampah di sepanjang kali mati Kelurahan Kabor, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Provinsis Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia ke-54 tahun, Sabtu, 20 April 2024.

Sekira pukul 07.30 WITA, rombongan di antaranya Uskup Maumere, didampingi Pj Bupati Sikka, Damdim 1603 Sikka, Danlanal Maumere, dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan TRUK-F bergerak menuju lokasi.

Pj Bupati Sikka dalam kesempatan itu menyampaikan, sebelumnya ia telah berkoordinasi dengan pihak Keuskupan Maumere dan beberapa pimpinan SKPD, untuk melakukan pembersihan di sepanjang kali mati, mulai dari ujung utara Pasar Senja Maumere sampai ujung selatan, tepatnya di belakang Polres Sikka.

"Kita melakukan kegitan ini untuk membersihkan kali mati dari sampah plastik, sekaligus upaya Pemda Sikka dalam melakukan penataan dan pembersihan Kota Maumere dari sampah, khususnya di kali mati Kabor ini, agar setidaknya terhindari dari banjir," kata Adrianus.

Pj Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera dan Uskup Maumere Ewaldus Sedu, Damdim 1603 sikka, serta Danlanal Maumere sebelum pembersihan sampah di kali mati Kampung Kabor, Sikka.//
Pj Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera dan Uskup Maumere Ewaldus Sedu, Damdim 1603 sikka, serta Danlanal Maumere sebelum pembersihan sampah di kali mati Kampung Kabor, Sikka.// Marsel Feka/FLORESTERKINI.com

Dalam kesempatan yang sama, Uskup Maumere mengatakan, pihak keuskupan turut mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sikka dalam melakukan kegiatan pembersihan tersebut.

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk kepdulian terhadap kebersihan lingkungan, tempat tinggal, dan wilayah sekitar, yang berpotensi dilanda banjir.

"Saya bersama Pak Pj Bupati mempunyai mimpi, bahwa kali juga bisa kita jadikan sebagai tempat wisata seperti di daerah Jawa. Mudah- mudahan ini menjadi langkah awal untuk kita mewujudkam mimpi tersebut,” kata Uskup Maumere.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah