Mimpi Basah Pria Dewasa dalam Hukum Islam Bisa Batalkan Puasa? Begini Penjelasan KH Ahmad Fahrur Rozi

- 31 Maret 2024, 08:21 WIB
Ilustrasi puasa Ramadan.
Ilustrasi puasa Ramadan. /Pexels/

FLORESTERKINI.com – Mimpi basah merupakan respons normal dan alami tubuh terhadap perubahan hormonal. Mimpi basah juga tidak memiliki risiko kesehatan maupun gangguan kesuburan di masa yang akan datang.

Mimpi basah merupakan tanda bahwa seorang pria telah memasuki pubertas dan akan menjadi pria dewasa dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Mimpi basah umumnya muncul pada masa-masa menjelang remaja atau pubertas. Saat itu, tubuh pria mulai memproduksi hormon testosteron yang akan memproduksi sperma.

Baca Juga: Jadwal Acara Trans TV Minggu 31 Maret 2024: Intip Rahasia Hidup Bahagia dalam Program Islam Itu Indah

Pada masa ini, remaja pria mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya. Ketika usianya menginjak 12 tahun, penis remaja pria mulai berkembang dan memanjang. Testisnya juga akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan rambut kemaluan yang semakin tebal dan menyebar di sekitar alat kelamin.

Selain itu, pada masa ini juga remaja pria umumnya akan mengalami perubahan suara dan pertumbuhan massa otot. Tinggi badannya bertambah sekitar 7-8 cm per tahun. Pada masa-masa inilah umumnya remaja pria mulai mengalami mimpi basah.

Perkara mimpi basah kerap muncul menjadi pertanyaan di tengah umat Islam menjalani bulan Ramadhan, termasuk kekhawatiran apakah itu akan membatalkan puasa yang bersangkutan.

Baca Juga: Gunakan KRI Escolar 871, TNI AL Lanal Maumere Ikut Amankan Prosesi Semana Santa 2024

Lantas bagaimana hukum mimpi basah terhadap puasa seseorang, termasuk apabila yang bersangkutan di malam harinya menonton film porno.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah