Dampak Konflik Iran dan Israel: Pemerintah Indonesia Waspada terhadap Rantai Pasok Global

- 17 April 2024, 23:21 WIB
Dampak Konflik Iran dan Israel: Pemerintah Indonesia Waspada terhadap Rantai Pasok Global
Dampak Konflik Iran dan Israel: Pemerintah Indonesia Waspada terhadap Rantai Pasok Global /Neni Nuraeni/

FLORESTERKINI.com - Konflik antara Iran dan Israel tidak hanya memicu kekhawatiran lokal di kawasan tersebut, tetapi juga menimbulkan dampak yang dirasakan secara global, termasuk di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengidentifikasi tiga dampak utama dari konflik ini yang dapat mempengaruhi ekonomi domestik dan rantai pasok global sebagai berikut.

Kenaikan Harga Minyak Dunia

Salah satu dampak yang paling langsung terasa dari konflik antara Iran dan Israel adalah kenaikan harga minyak dunia.

"Jika ini berkepanjangan dan meluas, maka harga minyak pasti akan naik, karena itu kita harus antisipasi. Karena harga minyak dunia saat ini di atas 90 USD per barel, sudah di atas asumsi APBN," kata kata Deputi III KSP Eddy Priyono, dikuip dari RRI.

Pemerintah Indonesia, termasuk Presiden Jokowi, telah mengingatkan akan pentingnya kewaspadaan terhadap ketidakpastian global, yang salah satunya disebabkan oleh ketidakstabilan di Timur Tengah.

Menurut Deputi III KSP Eddy Priyono, harga minyak dunia yang saat ini sudah mencapai di atas 90 USD per barel dapat meningkat lebih lanjut jika konflik berlanjut.

Hal ini tentu akan berdampak langsung pada harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia dan menimbulkan tantangan baru bagi kebijakan ekonomi.

Kenaikan Harga Barang Impor

Selain kenaikan harga minyak, konflik antara Iran dan Israel juga berpotensi memicu kenaikan harga barang impor di Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan biaya distribusi logistik, termasuk untuk barang-barang kebutuhan pokok seperti pangan.

Halaman:

Editor: Max Geroda

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah