Pilu! Seorang Ibu Hamil di Sikka Melahirkan di Jalan Saat Kondisi Cuaca Sedang Buruk

- 22 Maret 2024, 19:00 WIB
Seorang ibu hamil di Sikka sedang dibantu persalinannya di tengah jalan, Jumat (22/03/2024).
Seorang ibu hamil di Sikka sedang dibantu persalinannya di tengah jalan, Jumat (22/03/2024). /Tangkap Layar Video Warga

FLORESTERKINI.com – Seorang ibu asal Desa Liakutu, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melahirkan di tengah perjalanan menuju Puskesmas Feondari, tepatnya di ruas jalan Detulega-Dagegoga, Jumat, 22 Maret 2024.

Detik-detik peristiwa memilukan itu terjadi sekitar pukul 13.00 WITA, dengan kondisi cuaca tengah turun hujan lebat. Mengetahui kejadian tersebut, petugas Puskesmas Feondari dengan sigap bergegas datang membantu persalinan ibu hamil tersebut.

Kepala Puskesmas Feondari, Ferdinandus Feu, membenarkan kejadian tersebut. Kendati demikian, kata dia, pihak Puskesmas dan aparat desa sebelumnya telah melakukan upaya antisipatif melalui sosialisasi secara maksimal kepada masyarakat.

Baca Juga: Intens Gempur Stunting, TPPS Solor Barat Pantau Pelaksanaan Juri Gizi

“Kami sudah menyarankan berulang kali ketika pertemuan dengan para aparat desa, bahwa di Puskesmas itu ada rumah tunggu kelahiran, jadi H-5 itu harus sudah di Puskesmas,” kata Kepala Puskesmas Feondari, Jumat, 22 Maret 2024.

“Kalau berkaitan dengan tata laksana kesehatan, khususnya bidan, mereka sudah laksanakan sesuai dengan SOP, hanya memang karakter masyarakat seperti itu,” imbuhnya.

Detik-detik seorang ibu hamil di Sikka melahirkan di tengah jalan, Jumat (22/03/2024)//
Detik-detik seorang ibu hamil di Sikka melahirkan di tengah jalan, Jumat (22/03/2024)// Tangkap Layar Video Warga

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Liakutu, Michael Ardianus Demus Bobi. Ia mengkonfirmasi bahwa sejak dua hari sebelumnya, pihak Puskesmas telah menganjurkan ibu hamil tersebut untuk menuju Puskesmas Feondari, sembari menunggu hari kelahirannya.

Sayangnya, ibu hamil tersebut tidak merespon dengan baik anjuran pihak Puskesmas, hingga akhirnya terpaksa harus melahirkan di tengah jalan.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah