Lancarkan Persalinan Bumil di Kapal Penumpang, Ternyata Bidan Puskesmas Ritaebang Libatkan 'Dokter' Terhebat

- 20 Maret 2024, 18:26 WIB
Para bidan dari Puskesmas Ritaebang saat membantu persalinan seorang remaja di atas kapal penumpang KM Basa Raya.
Para bidan dari Puskesmas Ritaebang saat membantu persalinan seorang remaja di atas kapal penumpang KM Basa Raya. /Dok. Puskesmas Ritaebang

FLORESTERKINI.com – Lima tenaga medis di lingkup Puskesmas Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, NTT, berhasil menolong persalinan seorang ibu hamil remaja di atas armada laut sewaktu merujuknya ke RSUD dr Hendrikus Fernandez Larantuka, Selasa, 19 Maret 2024.

Inilah kisah perjuangan bidan Lusia S. Bolen (Uci), Yasinta T. Lewar (Amsi), Ramadiana Yusuf (Neng), Tekliana Rostin Mangge (Telin), dan Posentina Masandai Herin (Ira).

Bidan Ira dan Bidan Telin adalah nakes Desa Titehena, Kecamatan Solor Barat. Kedua nakes inilah yang aktif mendampingi dan mengikuti perkembangan kehamilan perdana remaja bernama Yasinta Ose Herin (18).

Baca Juga: Jadwal Acara Trans TV Kamis 21 Maret 2024: Kangen Power Rangers? Saksikan hanya di Blockbuster Sahur Movie

Sebagaimana dituturkan Bikor Puskesmas Ritaebang, Lodovina Barek, saat dikonfirmasi FLORESTERKINI.com, Selasa, 19 Maret 2024 pukul 10.00 WITA, kedua nakes Titehena tersebut menginformasikan kepada dirinya bahwasanya telah muncul tanda-tanda si bumil remaja itu hendak partus.

"Saya ditelepon nakes Titehena pada pukul 07.00 WITA tadi, mengabarkan  bahwa air ketuban telah keluar, warnanya hijau. Saya langsung arahkan mereka pasang infus, lalu segera hantarkan bumil  itu ke Puskesmas. Selanjutnya, saya berkoordinasi dengan rekan-rekan bidan di Puskesmas  yang sedang bertugas untuk siaga, menerima, dan melakukan observasi terhadap pasien bumil tersebut," kisah Bikor Evi.

Observasi dan penanganan medis pun langsung dilaksanakan bidan Amsi, bidan Uci, dan bidan Neng, pasca bumil tersebut tiba di ruangan UGD Puskesmas Ritaebang pada pukul 07.30 WITA.

"Karena letak kaki dan riwayat asma, dokter Gusti dalam konsultasi dengan teman-teman bidan merekomendasikan agar bumil itu segera dirujuk ke  RSUD Larantuka. Proses rujukan pun langsung disiapkan mereka, dan saya selanjutnya berkoordinasi dengan pemilik armada KM Basa Raya untuk menanti hingga kedatangan pasien dan bidan pengantar," tutur bidan Evi.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia vs Vietnam, STY Tak Bertolak dari Hasil Piala Asia 2023

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah