BMKG Umumkan 12 Daerah Berstatus Siaga-Waspada Cuaca Ekstrem, Termasuk NTT

- 15 Maret 2024, 06:32 WIB
Ilustrasi prakiraan cuaca ekstrem di Indonesia termasuk NTT oleh BMKG.
Ilustrasi prakiraan cuaca ekstrem di Indonesia termasuk NTT oleh BMKG. /Dok. BMKG

FLORESTERKINI.com – Sebagian besar daerah di Indonesia masih berpotensi mengalami cuaca ekstrem, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Cuaca ekstrem ini berupa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang. Terkini, sebanyak 12 daerah di antaranya ditetapkan berstatus siaga dan waspada oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip FLORESTERKINI.com, Jumat, 15 Maret 2024, ke-12 daerah berstatus siaga itu meliputi Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Kalimantan Tengah.

Selanjutnya untuk daerah berstatus waspada meliputi Lampung, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, dan Papua.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Karir Marselinus Ama Ola Jadi Pesepak Bola Profesional, Orangtuanya Sebut Pernah Terpuruk

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar wilayah Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku.

Selanjutnya, BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari.

Kemudian kota lainnya, seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, dan Surabaya, diprediksi berawan pada pagi dan malam hari.

Baca Juga: Yang Sudah Nonton Dune: Part One dan Two Pasti Akui Ide Gile Sang Sutradara, Bagi yang Belum, Wajib Nonton!

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan ringan pada pagi hari, dan pada siang hari hujan disertai petir dengan kelembaban 80-90 persen, mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu 24-30 derajat celcius.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah