CEK FAKTA: Ganjar Pranowo Mundur dari PDIP demi Memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024?

- 2 Agustus 2023, 06:57 WIB
Tangkapan layar judul video YouTube soal Ganjar Pranowo mundur dari PDIP demi memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.
Tangkapan layar judul video YouTube soal Ganjar Pranowo mundur dari PDIP demi memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024. /turnbackhoax.id

FLORES TERKINI – Pertarungan demi memenangkan kursi RI 1 semakin panas. Di tengah situasi ini, beredar kabar bahwa Ganjar Pranowo yang telah diusung oleh PDIP sebagai calon presiden di Pemilu 2024 kini malah mengundurkan diri.

Informasi tersebut semulanya dibagikan di sebuah akun YouTube, dengan klaim bahwa Ganjar Pranowo mundur dari PDIP demi memenangkan Anies Baswedan yang juga maju sebagai calon presiden dari Partai NasDem.

“GEMPARKAN MALAM INI!! DEMI MENANGKAN ANIES GANJAR MUNDUR DARI KABINET PDIP,” demikian narasi yang disematkan pada cover unggahan di kanal YouTube tersebut.

Baca Juga: Jadwal Acara GTV Hari Ini Rabu 7 Juni 2023: Cek Jam Tayang Deg Deg An dan Film Dead In The Water

Kemudian pada 16 Juli 2023, video dengan narasi serupa dibagikan lagi oleh akun Facebook dengan nama akun Suara Rakyat. Diterangkan pada unggahan itu, bahwa mundurnya Ganjar dari PDIP demi memenangkan Anies Baswedan dalam masa pemilihan presiden 2024.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil periksa fakta oleh Pandan Wangi Sukma Listyono Putri dari Turnbackhoax.id, ditemukan bahwa apa yang disampaikan pada judul video tersebut tidaklah benar.

Baca Juga: Aktivitas Tambang Galian C di Ende Diduga Ilegal, 7 Proyek Paket Jalan di Flores dan Lembata Ikut ‘Disenggol’

Berbanding terbalik dengan judulnya, isi tayangan video tersebut justru menjelaskan mengenai Anies yang menurut pengamat politik tidak mampu menyaingi dua lawan lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Bahkan, Anies disebutkan bukanlah lawan yang seimbang untuk Ganjar karena dinilai masih kalah telak dengan Prabowo Subianto.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: turnbackhoax.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x