CEK FAKTA: Gempar! Gibran Ngamuk Gegara Adian Napitupulu Tunjukkan Bukti Kecurangan Jokowi

- 8 Maret 2024, 06:22 WIB
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Adian Napitupulu (kanan).
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Adian Napitupulu (kanan). /Kolase Foto FLORESTERKINI.com/Ade Riberu/Instagram/Dok. PRMN

FLORESTERKINI.com – Beredar sebuah video dengan narasi yang menyentil kecurangan Jokowi di Pemilu 2024. Dari thumbnail video itu, terlihat gambaran situasi hiruk-pikuk di mana Gibran Rakabuming Raka tampak ngamuk di hadapan Adian Napitupulu.

Dari thumbnail video yang sama, sejumlah orang juga terlihat berusaha melerai Gibran yang tampak emosi dan hendak menghardik Adian Napitupulu.

Video tersebut diunggah ke sebuah kanal YouTube pada 23 Februari 2024, dibarengi dengan narasi pada judul mengenai Gibran mengamuk karena bukti kecurangan Pemilu 2024 terungkap.

Baca Juga: Salah Satu Trainee Asal Indonesia Tersingkir dari Chuang Asia Thailand, Tangis Caith Pecah Seketika

Menurut pengunggah video, Adian Napitupulu yang merupakan seorang politisi PDIP secara terang-terangan mengungkapkan bukti kecurangan Pemilu 2024 yang melibatkan Presiden Jokowi.

Fakta atau Hoaks?

Thumbnail video YouTube yang menunjukkan situasi ketika Gibran mengamuk.//
Thumbnail video YouTube yang menunjukkan situasi ketika Gibran mengamuk.// Turnbackhoax.id

Menurut hasil pemeriksaan fakta yang dilakukan Raymondha Elsha dari turnbackhoax.id, diketahui bahwa konten tersebut sebenarnya telah dimanipulasi sedemikian rupa. Bahwasanya, terdapat ketidaksejalanan antara thumbnail video beserta narasinya, dengan materi yang dibahas di dalamnya.

Bahkan di dalam video tersebut, tidak ada pernyataan maupun informasi soal Gibran mengamuk. Narator hanya membacakan ulang dua artikel berita dari dua media online berbeda, yang sama-sama terbit pada tanggal 21 Februari 2024.

Baca Juga: Kejari Sikka Musnahkan Ratusan Barang Bukti Kasus Pidana Umum, Dari Narkotika hingga Handphone

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: turnbackhoax.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah