3 Petahana Dapil Flotim 6 Tumbang, Ini Daftar Partai Pemenang dan Caleg yang Bakal Duduk di Bale Gelekat

- 29 Februari 2024, 15:55 WIB
Suasana Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Dapil Flotim 6 Solor.
Suasana Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Dapil Flotim 6 Solor. /Ade Riberu/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Pemilu 2024 di Daerah Pemilihan Flores Timur 6 (Dapil Flotim 6) menyajikan adegan ‘tumbangnya’ (gagal lolos, red) tiga petahana ke DPRD Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara sebanyak tiga pendatang baru plus satu petahana dipastikan lolos ke Bale Gelekat usai meraih suara terbanyak di dapil itu.

Adapun dapil dimaksud meliputi tiga kecamatan di Pulau Solor, yakni Kecamatan Solor Timur, Solor Barat, dan Solor Selatan.

Melenggangnya empat kandidat ke Bale Gelekat tersebut diketahui pasca Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kecamatan yang digelar mulai dari tanggal 19-27 Februari 2024, sebagaimana amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2024. Terlihat dari Model D KPU, keempat caleg tersebut unggul atas pesaing-pesaingnya di Dapil Flotim 6.

Baca Juga: Pasca Kenaikan Status Gunung Ile Lewotolok, BPBD Lembata Aktifkan Posko Siaga Darurat

Dari hasil rekapitulasi tersebut juga diketahui sebanyak empat partai dengan caleg unggulannya masing-masing bakal mewakili masyarakat Pulau Solor di Bale Gelekat.

Keempat partai politik tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem), yang tentunya meraih jumlah suara yang signifikan dibandingkan dengan partai lainnya.

Pada posisi pertama perolehan suara terbanyak di Dapil Flotim 6 diraih oleh PAN dengan jumlah 3.461 suara, disusul PDIP dengan raihan 2.997 suara. Sementara Perindo menempati urutan ketiga dengan raihan 1.908 suara, terakhir Nasdem dengan jumlah 1.511 suara.

Baca Juga: Ini Bocoran Daftar Paket Proyek di Flores Timur yang Sudah Ditenderkan, Satu di Pulau Solor

Hasan Basri adalah salah satu dari empat petahana milik PAN pada periode 2019-2024 yang keluar sebagai pengumpul suara terbanyak pertama, dengan perolehan 1.538 suara.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x