Kepala BKKBN Ungkap Batas Usia Ideal bagi Wanita untuk Hamil, Ada Risiko Jika Hal Ini Terjadi

- 2 April 2024, 20:50 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /pexel/@Jonathan Borba/

FLORESTERKINI.com – Usia kehamilan seorang wanita paling idealnya adalah 32 tahun. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, Selasa, 2 April 2024.

Hasto menyampaikan alasan ia menyebutkan batas ideal usia kehamilan seorang wanita, lantaran saat ini banyak wanita yang hamil lebih dari usia ideal yang disebutkannya itu.

Hasto pun kemudian mendorong ibu yang hamil di usia 35 tahun atau lebih untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di Puskesmas atau rumah sakit.

Baca Juga: Link Nonton Drama Korea Beauty and Mr Romantic Sub Indo, Kisah Pertemuan Kembali dengan Cinta Pertama

Ia menyebutkan, ibu hamil usia 35 tahun ke atas masuk dalam kategori kehamilan berisiko tinggi. Ia juga menampik bahwa bukannya ia mau melarang orang untuk hamil dengan usia tersebut.

"Ibu hamil kalau sudah di atas 35 tahun disebut kehamilan risiko tinggi, karena puncak kejayaan manusia itu umur 32 tahun. Saya tidak melarang untuk hamil di usia tersebut," ujarnya sebagaimana dilansir FLORESTERKINI.com dari ANTARA, Selasa, 2 April 2024.

Hasto Wardoyo kembali menyarankan ibu hamil yang usianya 35 tahun atau lebih, agar sebelumnya melakukan pemeriksaan gula darah dan tensi.

Baca Juga: Ratusan Lulusan PPPK Flotim Terima SK, Doris Rihi: Kita Semua ASN, Jangan Beda-Bedakan

"Sebelum hamil cek gula darah dan tensi, kadang-kadang juga ada yang hipertiroid (produksi hormon berlebih oleh kelenjar di area leher)," kata Hasto.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x