Jelang Pemilu 2024, Ketua PGRI Flores Timur Imbau Guru ASN Jaga Netralitas

- 10 Februari 2024, 20:44 WIB
Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian.
Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian. /Dok. Pribadi

FLORESTERKINI.com – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian, mengimbau guru ASN anggota PGRI Flotim untuk menjaga netralitas jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Maksi mengatakan, PGRI secara lembaga tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu. Karena itu, tidak diperkenankan secara Anggaran (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PGRI memberikan dukungan kepada partai politik tertentu.

Kata dia, PGRI adalah organisasi profesi perjuangan dan ketenagakerjaan yang memiliki sifat yang sangat unik, yakni unitaristik, independen, dan non-partisan.

Baca Juga: KPU Tegaskan Pemilih Kategori DPK Hanya Dibenarkan Memilih di Alamat Domisili

Maksi menjelaskan, sifat unitaristik berarti PGRI adalah organisasi yang tidak membedakan tempat kerja, kedudukan, agama, suku, golongan, gender, dan asal-usul.

Kemudian independen memiliki makna bahwa PGRI berlandaskan pada prinsip kemandirian organisasi dengan mengutamakan kemitrasejajaran dengan berbagai pihak.

“Non-partisan adalah sifat PGRI yang dengan tegas menyatakan bahwa PGRI bukan bagian dari dan tidak berafliasi kepada partai politik tertentu," ujar Maksi.

Baca Juga: GAWAT! 16 Kecamatan di Kupang Berpotensi Alami Gerakan Tanah Skala Menengah hingga Tinggi

Lebih lanjut, Maksi mengharapkan para guru anggota PGRI yang tersebar di berbagai tempat, baik pada tingkat cabang, ranting hingga ke pelosok-pelosok, dapat menjaga keamanan dan ketertiban pada tahapan jelang Pemilu 2024, pelaksanaan hingga pada proses pungut-hitung suara.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x