Dukung Tumbuh Kembang Anak, Plan Indonesia dan Nomura Luncurkan Program Desa Sehat ECD di Manggarai

- 21 Maret 2024, 15:16 WIB
Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit S.E., M.A dan Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti saat launching program Desa ECD Nomura, Kamis (21/03/2024).
Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit S.E., M.A dan Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti saat launching program Desa ECD Nomura, Kamis (21/03/2024). /Istimewa

FLORESTERKINI.com - Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menghadapi tantangan terkait tumbuh kembang anak seperti tingginya angka stunting dan kematian bayi, serta rendahnya angka partisipasi PAUD. Di Kabupaten Manggrai, hanya 33% anak berpartisipasi dalam program PAUD (Statistik Kabupaten Manggarai 2023).

Sebagai respons terhadap isu ini, Sponsorship Community Manggarai Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) meluncurkan program Desa Sehat Early Childhood Development (ECD) didukung penuh oleh Nomura melalui kemitraan strategis dengan pemerintah Kabupaten Manggarai, NTT, Kamis, 21 Maret 2024.

Herybertus G.L.Nabit S.E., M.A, Bupati Manggarai, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Manggarai senantiasa membuka pintu bagi semua pihak yang datang untuk berbagi dan berkolaborasi.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Sebut Koalisi Besar Ideal untuk Dampingi Kepemimpinan Prabowo-Gibran

"Mari kita membuka diri untuk bekerja sama menyelesaikan permasalahan anak usia dini. Tentunya kita (pemerintah) sudah banyak melakukan sesuatu, namun yang terpenting adalah memikirkan apakah yang telah dilakukan itu sudah tepat atau masih memerlukan peningkatan," ujar Herybertus.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia, menjelaskan bahwa melalui program Desa Sehat ECD, Plan Indonesia berupaya untuk turut berpartisipasi aktif dalam upaya strategis pemerintah Kabupaten Manggarai.

Penandatanganan Dokumen Launching Project Desa Sehat ECD Nomura di Manggarai, Kamis (21/03/2024).//
Penandatanganan Dokumen Launching Project Desa Sehat ECD Nomura di Manggarai, Kamis (21/03/2024).// Istimewa

"Upaya ini dilakukan melalui peningkatan perilaku pengasuhan yang positif, holistik, dan integratif dalam tumbuh kembang anak terutama mereka yang berusia 2-6 tahun di Kabupaten Manggarai. Secara bersamaan, kami juga ingin mendorong koordinasi dan komitmen berbagai pihak untuk dapat berperan aktif dan mensosialisasikan pola pengasuhan ini ke berbagai pihak terutama guru dan orang tua,” ungkap Dini.

Desa Sehat ECD akan diimplementasikan di 10 desa yang saat ini menjadi wilayah intervensi Program Desa Sehat, dengan target jangkauan langsung sebanyak 858 orang dan 6.900 masyarakat sebagai partisipan program tidak langsung. Program ini akan diimplementasikan melalui peningkatan peran Posyandu sebagai pusat PAUD di masyarakat, kapasitas guru PAUD, serta pelatihan terkait pola asuh anak secara positif bagi orang tua dan pengasuh (termasuk ayah).

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah