FATAL! Ratusan Kotak Suara untuk 4 Distrik di Papua Tengah Dibongkar Paksa, Model C1 Diduga Dibawa Kabur PPD

- 13 Februari 2024, 06:31 WIB
Kotak suara yang dibongkar warga di Papua Tengah.
Kotak suara yang dibongkar warga di Papua Tengah. /Tangkap Layar Video Warga

FLORESTERKINI.com – Peristiwa fatal terjadi di Papua Tengah dua hari menjelang pencoblosan Pemilu 2024. Bahwasanya, ratusan kotak suara untuk empat distrik di wilayah itu dibongkar paksa oleh masyarakat. Keempat distrik yang mendapatkan kotak suara itu adalah Distrik Kebo, Yagai, Muye, dan Deiyai Miyo.

Namun sebelum pembongkaran paksa ratusan kotak suara oleh warga, logistik Pemilu 2024 itu diduga telah lebih dulu dibongkar oleh anggota PPD.

Pasalnya, saat PPS membuka ratusan kotak suara untuk Pemilu 2024 tersebut, tidak ditemukan Model C1 KWK di dalamnya. Warga menduga, Model C1 KWK itu dibawa kabur oleh anggota PPD.

Baca Juga: Muda Bertalenta, 2 Mahasiswa Sabet Penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Super Awards 2023

Alhasil, masyarakat, PPS, dan Pandis membongkar dan menghambur-hamburkan kotak suara itu, sebelum mengembalikannya ke Polres setempat.

Aksi pembongkaran dan pengembalian kotak suara oleh warga tersebut diketahui dari dua video yang dibagikan di WhatsApp Group (WAG) Kabar Papua Tengah pada Senin, 12 Februari 2024 malam. Video pertama berdurasi 29 detik, dan yang lainnya 59 detik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Flores Terkini PRMN (@flores.terkini)

 

“Kotak-kotak (suara) dikembalikan. C1 KWK dibongkar oleh kelompok penyelenggara yang namanya PPD, lalu dong ada bawa lari. Hanya logistik (surat suara) saja dengan kotak suara yang tiba di Muye,” kata perekam video dengan nada terbata-bata.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: Suara Jayapura


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x