Umat Katolik Wajib Tahu! Ini Makna Tema Paskah 2024: Hidup Sebagai Alat Kebenaran-Nya

- 29 Maret 2024, 07:43 WIB
Ilustrasi Paskah 2024.
Ilustrasi Paskah 2024. /Pixabay/Pexels

FLORESTERKINI.com – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Paskah tahun ini juga memiliki tema. Paskah 2024 merupakan momen sakral yang ditunggu-tunggu oleh umat kristiani di seluruh penjuru dunia, kini telah tiba kembali.

Bagi umat Kristiani, Paskah bukan sekadar perayaan ritual atau tradisi. Tetapi lebih dari itu, ini merupakan momen refleksi akan pengorbanan Kristus dan kemenangan-Nya atas kematian.

Setiap tahunnya, tema Paskah dan artinya ditetapkan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Tema Paskah 2024 menyoroti makna mendalam tentang ‘Hidup sebagai Alat bagi Kebenaran-Nya’.

Baca Juga: TOK! Pemerintah dan DPR RI Tetapkan Masa Jabatan Kepala Desa 8 Tahun

Tema tersebut diambil dari ayat Alkitab Roma 6:13. Bunyi ayat tersebut adalah: "Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. (Roma 6:13, TB).

Makna Tema Paskah 2024

Melansir laman PGI, pemilihan tema dan ayat suci ini didasarkan pada nasihat Rasul Paulus kepada jemaat Roma agar mereka menjadi ‘senjata kebenaran’ dalam melawan kekuatan dosa yang memanfaatkan manusia sebagai ‘senjata kelaliman’.

Sebagai senjata kebenaran, umat Kristen diharapkan untuk melawan kejahatan serta berusaha menjalankan kehendak Allah bagi seluruh ciptaan. Setiap bagian dari tubuh umat dimanfaatkan untuk mewujudkan kebenaran Allah.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Jumat 29 Maret 2024, Jangan Lupa Saksikan FTV Ramadan : Taubatnya Pedang Parcel Buah Suntik

Dalam kehidupan sehari-hari, semua orang sering dihadapkan pada berbagai pilihan yang menguji integritas sebagai orang yang percaya. Banyak godaan yang dapat melemahkan manusia sehingga memilih hidup dalam dosa dengan berbagai manifestasinya.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah