Profil Uskup Belo yang Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

- 30 September 2022, 06:54 WIB
Uskup Belo dalam sebuah misa di Dili pada 8 Oktober 1999.
Uskup Belo dalam sebuah misa di Dili pada 8 Oktober 1999. /Reuters/Jason Reed.

FLORES TERKINI – Carlos Filipe Ximenes Belo atau yang lebih dikenal dengan Uskup Belo, diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Dugaan pelecehan seksual tersebut terungkap pasca dua orang korban membuka pengalaman masa lalunya kepada media asal Belanda, De Groene Amsterdammer.

Menanggapi laporan tersebut, Vatikan mengungkapkan sudah menjatuhkan sanksi disipliner kepada sang Uskup.

Baca Juga: Jadwal Acara GTV Hari Ini, Jumat 30 September 2022: Saksikan Video Content Creator 2022 Malam Ini

Sanksi itu diberikan menyusul tuduhan Uskup Belo melakukan pelecehan seksual terhadap anak laki-laki di bawah umur di Timor Timur pada 1990-an.

Juru Bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan bahwa kantor Vatikan yang menangani kasus pelecehan seksual menerima tuduhan "tentang perilaku uskup" tahun 2019 dan dalam waktu satu tahun memberlakukan pembatasan terhadap Uskup Belo.

Menurut Vatikan, hal itu termasuk pembatasan terhadap pergerakan Uskup Belo dan pembatasan pelayanan keagamaan, serta melarang sang Uskup untuk melakukan kontak sukarela dengan anak di bawah umur atau kontak dengan Timor Lorosa'e.

Baca Juga: Uskup Belo Diduga Lakukan Pelecehan Seksual pada Anak Remaja, Begini Pengakuan Korban

Pernyataan Vatikan itu dikeluarkan sehari setelah sebuah majalah Belanda, De Groene Amsterdammer, mengeluarkan pemberitaannya terkait dugaan pelecehan seksual oleh Uskup Belo tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: De Groene Amsterdammer


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah