Pedagang di Sikka ‘Beraksi’ Gegara Retribusi Lapak di Pasar Alok Dinaikkan, Pintu Masuk Jadi Tempat Jualan

- 29 Februari 2024, 11:09 WIB
Sejumlah pedagang berjualan di depan pintu masuk Pasar Alok sebagai aksi protes akibat naiknya retribusi pasar.
Sejumlah pedagang berjualan di depan pintu masuk Pasar Alok sebagai aksi protes akibat naiknya retribusi pasar. /Irma Roswita/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Para pedagang di Pasar Alok menjerit. Pasalnya, di tengah kondisi ekonomi mereka yang sedang sulit, retribusi lapak dan biaya parkir di pusat perbelanjaan tradisional itu malah naik.

Alhasil, sejumlah pedagang yang sehari-hari biasanya berjualan di Pasar Alok pun melakukan aksi demontrasi di depan pintu pasar tersebut, Kamis 29 Februari 2024. Mereka menolak rencana Pemerintah Kabupaten Sikka menaikkan tarif retribusi pasar.

Aksi para pedagang tersebut dilakukan dengan cara berjualan di luar Pasar Alok. Hal ini menunjukkan keberatan mereka terhadap pemerintah setempat yang berencana menaikkan tarif los pasar, lapak kios, dan fasilitas lainnya. Kenaikan tarif ini dinilai sangat membebankan mereka.

Baca Juga: Lampaui Proses Panjang, Vihara Dhamma Manggala Senilai Rp2,5 M Resmi Dibangun di Maumere

Salah satu pedagang, Yulianti (50), yang yang ditemui FLORESTERKINI.com mengatakan, alasan dirinya berjualan di luar Pasar Alok karena retribusinya dinaikkan.

Hal ini tentunya sangat membebankan mereka, apalagi ditambah dengan harga sembako yang saat ini pun sedang naik, pembeli semakin berkurang, hingga menyebabkan pendapatan mereka menurun.

Aktivitas jual beli di luar Pasar Alok, Sikka.//
Aktivitas jual beli di luar Pasar Alok, Sikka.// Irma Roswita/FLORESTERKINI.com

“Harapan kami, pemerintah ambil ahli, Bapak Bupati jangan hanya duduk saja di kursi, Bapak tolong perhatikan kami masyarakat kecil, kami sangat kesulitan di tengah ekonomi yang sulit ini, harga beras juga naik,” ungkapnya.

Dalam aksi tersebut, mereka juga meminta Pemerintah Kabupaten Sikka untuk bersedia menutup pasar-pasar ilegal. Dengan begitu, konsentrasi transaksi jual-beli antara pedagang dan penjual dapat terpusat di Pasar Alok.

Halaman:

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x