Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi hingga Awal Pekan Depan

- 15 Maret 2024, 17:19 WIB
Analisis cuaca ekstrem di Indonesia oleh BMKG.
Analisis cuaca ekstrem di Indonesia oleh BMKG. /Dok. BMKG

FLORESTERKINI.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang diprakirakan masih terjadi hingga awal pekan depan, berupa peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal itu dikarenakan masih aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) dan adanya tiga Bibit Siklon Tropis yang diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024.

Ketiga Bibit Siklon Tropis itu adalah Bibit Siklon Tropis 91S, Bibit Siklon Tropis 94S, dan Bibit Siklon Tropis 93P.

Baca Juga: Dukung Pengembangan IKN, Menparekraf Bakal Terapkan Konsep Pariwisata Berbasis Green Tourism

BMKG menyebut, kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai kilat/angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024.

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem di rentang waktu tersebut adalah Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Karir Marselinus Ama Ola Jadi Pesepak Bola Profesional, Orangtuanya Sebut Pernah Terpuruk

Potensi Cuaca Khusus Jabodetabek

Secara umum, wilayah Jabodetabek akan didominasi kondisi cuaca hujan ringan hingga sedang. Potensi hujan dengan intensitas hingga sedang dapat terjadi terutama di wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: bmkg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah