Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024: Bank Indonesia Siapkan Ribuan Titik Penukaran Uang Baru

- 26 Maret 2024, 23:14 WIB
Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024: Bank Indonesia Siapkan Ribuan Titik Penukaran Uang Baru
Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024: Bank Indonesia Siapkan Ribuan Titik Penukaran Uang Baru /Renny T Hamzah/Portal Purwokerto

FLORESTERKINI.com - Ingin segera menukar uang baru untuk keperluan di Hari Raya Idul Fitri 2024? Simak kabarnya berikut ini. Yah, Bank Indonesia (BI) dikabarkan telah menggelar Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 dengan penuh semangat di Gedung BI, Jakarta, Jumat 15 Maret 2024 yang lalu.

Acara ini menandai komitmen BI dan bank-bank nasional untuk menyediakan akses yang mudah bagi masyarakat dalam mendapatkan uang baru untuk menyambut Lebaran 2024. Dalam mewujudkan upaya tersebut, lebih dari 4.700 titik penukaran uang baru telah disiapkan di seluruh Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, menyatakan bahwa BI berusaha keras untuk memastikan bahwa kebutuhan penukaran uang masyarakat terpenuhi di berbagai daerah. Selama periode 15 Maret hingga 5 April 2024, program Serambi 2024 akan memberikan layanan penukaran uang melalui 449 titik yang disediakan oleh BI sendiri.

Baca Juga: Uskup Larantuka Pastikan Semana Santa 2024 Berjalan Aman dan Kondusif: Keamanan Menjadi Prioritas Utama

"Untuk penukaran uang, Insyaallah kami akan penuhi sampai level daerah," kata Marlison Hakim sebagaimana dikutip FORESTERKINI.com dari PMJ News.

Di samping itu, bank-bank nasional juga turut berkontribusi dengan menyediakan lebih dari 4.264 titik penukaran uang di kantor pusat dan cabang mereka di seluruh Indonesia.

Totalnya, BI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2024, jumlah ini diklaim mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tim Polairud Marnit Flotim Amankan Sejumlah Detonator, Kombes Pol Irfan: Diduga Dipakai untuk Bom Ikan Rakitan

Dana ini dirancang untuk mencakup semua kebutuhan uang tunai masyarakat, termasuk penukaran uang. BI telah memperkirakan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri, dengan menyediakan sejumlah besar uang pecahan besar dan kecil, masing-masing sebesar Rp 172,8 triliun dan Rp 24,6 triliun.

Halaman:

Editor: Ancis Ama

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x