Aktivitas Gunung Lewotobi Perempuan di Flotim Masuk Level II, Warga Diminta Hindari Lubang Tembusan Gas

- 25 Februari 2024, 19:19 WIB
Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, NTT.
Gunung Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, NTT. /Eman Niron/FLORESTERKINI.com

FLORESTERKINI.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM Republik Indonesia dalam pengamatan mereka terhadap perkembangan aktivitas gunung api di Indonesia pada Sabtu, 24 Februari 2024, periode 00.00-24.00 WITA, melaporkan bahwa aktivitas Gunung Lewotobi Perempuan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masuk Level II (Waspada).

Laporan yang dibuat oleh Fransiskus Xaverius Masan tersebut menerangkan, secara visual Gunung Api Lewotobi Perempuan yang memiliki ketinggian1703 mdpl terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah timur.

Sedangkan pada pengamatan kegempaan, PVMBG merilis terjadi 4 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 2.9-21.4 mm,S-P 11-27 detik dan lama gempa 46-237 detik di kurun waktu Sabtu, 24 Februari 2024 pukul 00.00-24.00 WITA.

Baca Juga: Miris! Gaji Ketua RT/RW di Banyak Daerah Masih Jauh dari Layak, Ini Faktanya!

Terhadap kondisi tersebut, pihak PVMBG Kementerian ESDM RI lantas mengingatkan kepada masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Perempuan dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas atau berada dalam radius 2 km dari pusat kawah Gunung Lewotobi Perempuan.

Warga dan wisatawan juga diingatkan agar tidak mendekati lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah untuk menghidari potensi bahaya gas beracun.***

Editor: Ade Riberu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah